Antara Matematika, Teologi dan Kota
DOI:
https://doi.org/10.61719/Transformatio.A2412.012Kata Kunci:
perkembangan kota, matematika, teologi, amanah, arahan, artikulasiAbstrak
Perkembangan kota dan permasalahan sosial ataupun ekologis yang terdapat di dalamnya merupakan isu yang tidak dapat dihindari pada saat ini. Tentunya, perlu ada orang-orang yang cakap sekaligus benar yang dapat membawa perubahan-perubahan di dalam situasi ini. Sebagai bagian dari proses tersebut, saya ingin mengusulkan salah satu wujud sumbangsih pemikiran di dalam bidang pendidikan K-12. Klaim yang ingin saya utarakan di sini adalah pembelajaran matematika di kelas dapat bersifat teologis dan dapat memberikan sumbangsih bagi perkembangan kognisi dan juga karakter manusia yang menjadi bagian penting dalam perkembangan kota. Dengan demikian, pembelajaran matematika (yang bersifat teologis) dapat memberikan pencerahan bagi siswa untuk mengembangkan dirinya secara personal sekaligus penajaman ilmu tersebut dapat membawa kemaslahatan bagi komunitas. Lewat klaim ini, saya ingin mengusulkan suatu titik temu antara matematika dan teologi, yaitu: definisi matematika dan teologi sebagai usaha untuk memaknai realitas, visi kemaslahatan bersama, dan juga bagaimana keduanya perlu bergandengan untuk menumbuhkan moralitas siswa. Hasil akhir dari kajian ini adalah tiga perihal, yakni: amanah, arahan, dan artikulasi. Amanah merupakan suatu panggilan untuk merefleksikan solusi yang dibutuhkan lewat sudut pandang matematika dan teologi mengenai permasalahan sosial dan ekologi yang menganga. Lalu, arahan merupakan suatu panggilan untuk memetakan solusi dari refleksi yang sudah dilakukan. Terakhir, artikulasi merupakan suatu usaha untuk menjalankan aksi yang dilandasi oleh refleksi.
Referensi
Adiprasetya, Joas. “Berkenalan dengan Teologi Konstruktif.” Dalam @Theovlogy Channel, 2019.
Anggreani, Friskilia Putri Diah, dan Andreas Hauw. “Realizing Lausanne’s Holistic Mission in the Context of Poverty in Indonesia.” Veritas: Jurnal Teologi Dan Pelayanan 20, no. 2 (30 Desember 2021): 257–76. https://doi.org/10.36421/veritas.v20i2.491.
Anselm of Cartenbury. Proslogium; Monologium; An Appendix in Behalf of the Fool by Gaunilon; and Cur Deus Homo. Diterjemahkan oleh Sidney Norton Deane. Chicago: Open Court Publishing Company, 1926.
Badan Pusat Statistik. Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 37 Tahun 2010: Klasifikasi Perkotaan dan Perdesaan di Indonesia. 2nd ed. Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2010. https://ppid.bps.go.id/upload/doc/Perka_BPS_No_37_Tahun_2010___Klasifikasi_Perkotaan_dan_Perdesaan_Di_Indonesia_Buku_2_-_Jawa_1659514400.pdf.
———. “Persentase Penduduk Daerah Perkotaan menurut Provinsi, 2010-2035,” 17 September 2020. https://www.bps.go.id/statictable/2014/02/18/1276/persentase-penduduk-daerah-perkotaan-hasil-proyeksi-penduduk-menurut-provinsi-2015---2035.html.
Bevans, Stephen B. An Introduction to Theology in Global Perspectives. Maryknoll, NY: Orbis Books, 2012.
Borrong, Robert P. Etika Bumi Baru: Akses Etika dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup. 5th ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2019.
BPS Provinsi DKI Jakarta. “Garis Kemiskinan.” Diakses 17 Juni 2024. https://jakarta.bps.go.id/subject/23/kemiskinan.html#subjekViewTab1.
Bradley, James. “Theology and Mathematics—Key Themes and Central Historical Figures.” Theology and Science 9, no. 1 (Februari 2011): 5–26. https://doi.org/10.1080/14746700.2011.547000.
Carunia Mulya Firdausy. “Garis Kemiskinan Perlu Dinaikkan.” Kompas, 17 Oktober 2014. http://www.dikti.go.id/garis-kemiskinan-perlu-dinaikkan/.
———. “Revisi Atas Garis Kemiskinan.” Kompas, 11 April 2014.
Courant, Richard, Herbert Hebbins, dan Ian Stewart. What is Mathematics? Revised. Oxford: Oxford University Press, 1996.
Ernest, Paul. “Mathematics, Ethics, and Purism: An Application of McIntyre’s Virtue Theory.” Synthese, 2021, 3137–67.
———. “The Ethics of Mathematics: Is Mathematics Harmful?” Dalam The Philosophy of Mathematics today, disunting oleh Paul Ernest, 187–216. Switzerland: Springer, 2018.
———. “The Impact of Beliefs on the Teaching of Mathematics,” 1988. https://webdoc.sub.gwdg.de/edoc/e/pome/impact.htm.
Freire, Paulo. Pendidikan Sebagai Praktek Pembebasan. Diterjemahkan oleh Alois Agus Nugroho. Jakarta: Gramedia, 1984.
Greer, Brian. “What is Mathematics Education for?” Dalam Critical Issues in Mathematics Education, disunting oleh Paul Ernest, Brian Greer, dan Bharath Sriraman. Charlotte, NC: Information Age Publishing, 2009.
“Growth Recovery and COVID-19 Pandemic Model: Comparative Analysis for Selected Emerging Economies.” Diakses 18 Juni 2024. https://www.mdpi.com/2227-7390/10/19/3654.
Guillen, Michael. Five Equations that Changed the World: the Power and Poetry of Mathematics. New York: Basic Books, 2012.
Harrison, Victoria S. “Mathematical objects and the object of theology: Religious Studies.” Religious Studies 53, no. 4 (Desember 2017): 479–96. https://doi.org/10.1017/s0034412516000238.
J. D. Payne. Pressure Points: Twelve Global Issues Shaping the Face of the Church. Nashville: Thomas Nelson, 2013.
Jannah, Miftahul, Muhammad Ahsar Karim, dan Yuni Yulida. “Analisis Kestabilan Model Seir untuk Penyebaran Covid-19 dengan Parameter Vaksinasi.” Barekeng 15, no. 3 (2021): 535–42. https://doi.org/10.30598/barekengvol15iss3pp535-542.
John R. W. Stott. Issues Facing Christian Today. 4 ed. Grand Rapids: Zondervan, 2006.
Jones, Serene, dan Paul Lakeland. Constructive theology: a contemporary approach to classical themes with CD-ROM. Minneapolis: Fortress Press, 2005.
Migliore, Daniel L. Faith Seeking Understanding: An Introduction to Christian Theology. 3rd editio. Grand Rapids, MI: Eerdmans, 2014.
Moltmann, Jürgen. God for a Secular Society: The Public Relevance of Theology. Minneapolis: Fortress Press, 1999.
Neville, Robert Cummings. A Theology Primer. New York: State University of New York, 1991.
Pasaribu, Ria, Sutrisna Harjanto, Gunarti Tanudjaja, Engeline Tjia Soesilo, Strelitsia Tiurma Ida, Narwastuyati P. Mbeo, Pratiwi Febry, Rotua Fransiska, dan Karina Samaria. “Kaum Professional: Tsaddiqim bagi Transformasi Kota.” Dalam Shalom bagi Transformasi Kota, disunting oleh Astri Sinaga. Jakarta: STT Amanat Agung, 2022.
Robson, Eleanor, dan Jacqueline Stedall. “Introduction.” Dalam The Oxford Handbook of the History of Mathematics, disunting oleh Eleanor Robson dan Jacqueline Stedall, 2009.
Schneider, Laurel C., dan Sthepen G. Ray. Awake to the moment: an introduction to theology. Louisville, Kentucky: Westminster John Knox Press, 2016.
Smart, Ninian, dan Steven Konstantine. Christian Systematic Theology in a World Context. Minneapolis: Fortress, 1991.
Stedall, Jacqueline. Mathematics Emerging: A Sourcebook 15540-1900. Oxford: Oxford, 2008.
———. The History of Mathematics: A Very Short Introduction. Oxford, New York: Oxford University Press, 2012.
Su, Francis. Mathematics for Human Flourishing. New Haven: Yale University Press, 2020.
Tung, Khoe Yao. Integrasi Alkitab dalam Subjek Kurikulum di Sekolah Kristen. Batu: Cv Literasi Nusantara, 2021.
UN Habitat. Envisaging the Future of Cities. World Cities Report 2022. Nairobi: United Nations Human Settlements Programme, 2022. https://unhabitat.org/sites/default/files/2022/06/wcr_2022.pdf.
Volf, Miroslav. A Public Faith: How Followers of Christ Should Serve the Common Good. Ada, MI: Brazos Press, 2011.
Volf, Miroslav, dan Ryan McAnnaly-Linz. Public Faith in Action. Grand Rapids: Brazos, 2016.
Wyman, Jason A. Constructing constructive theology: An introductory sketch. Constructing Constructive Theology: An Introductory Sketch. Minneapolis: Fortress Press, 2017.
Yosia, Adrianus. “Apakah yang Cape Town Perlu Katakan pada [Kaum Injili di] Indonesia?: Suatu Tinjauan dan Refleksi Terhadap Komitment Cape Town dan Implikasinya pada Kaum Injili di Indonesia.” Veritas 16, no. 2 (Desember 2017): 115–34.
———. “Matematika dan Teologi Sebagai Bahasa Semesta: Suatu Kajian Eksploratif-Reflektif Interdisipliner Terhadap Matematika dan Teologi Penciptaan Berdasarkan Kejadian 1:1-2:4a sebagai Dialog antar Dua Bidang Ilmu.” Aletheia Christian Educators Journal, t.t.
———. “Pedagogik Kritis adalah Salah Satu Kuncinya:: Suatu Usaha untuk Mewujudkan Shalom bagi Kota Lewat Pendidikan.” TRANSFORMATIO: Jurnal Teologi, Pendidikan, dan Misi Integral 1, no. 01 (30 Oktober 2023): 15–34. https://doi.org/10.61719/Transformatio.A2311.002.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 TRANSFORMATIO: Jurnal Teologi, Pendidikan, dan Misi Integral
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.