Resensi Buku:
Faith-Integrated Being, Knowing and Doing: A Study Among Christian Faculty in Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.61719/Transformatio.R2311.002Kata Kunci:
Resensi bukuAbstrak
Sarinah Lo adalah dosen sekaligus ketua program studi Magister Pendidikan Kristen di Sekolah Tinggi Teologi Bandung. Sarinah mendapatkan gelar Ph.D dalam pendidikan dari Trinity Theological Seminary, Amerika Serikat. Sarinah menuliskan buku ini berdasarkan hasil disertasinya yang mengeskplor persepsi staf pengajar Kristen di Indonesia terhadap integrasi iman dan ilmu dalam pendekatan yang lebih holistik yang meliputi: (1) Being - menekankan kepada diri pengajar sebagai pengintegrasi, (2) Knowing – yaitu pemahaman pengajar mengenai hubungan antara iman dan disiplin ilmunya; dan (3) Doing – menekankan kepada pengaruh iman pengajar terhadap praktik pendidikannya. Buku ini terdiri dari lima bab. Bab pertama berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan signifikansi dari penelitian serta berisi defnisi dari istilah-istilah yang digunakan dalam buku ini. Bab dua berisi tinjauan literatur mengenai sejarah, defenisi, pendekatan, penelitian empiris serta tantangan di dalam penerapan integrasi iman dan ilmu. Bab tiga mencakup metodologi penelitian. Bab empat membahas penemuan. Terakhir, bab 5 berisi kesimpulan dan implikasi praktis dari penelitian.
Referensi
Lo, Sarinah.2020.Faith-Integrated Being, Knowing and Doing: A Study among Christian Faculty in Indonesia.Langham Creative Projects.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 TRANSFORMATIO: Jurnal Teologi, Pendidikan, dan Misi Integral
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.