Studi Kualitatif Tentang Motivasi Seseorang Menjadi Guru di Sebuah Sekolah Kristen di Bandung

Penulis

  • Mario Saliutama Sekolah Tinggi Teologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.61719/

Kata Kunci:

pendidikan kristen, panggilan hidup, sekolah kristen, bandung

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memotivasi seseorang memilih profesi guru di sebuah sekolah Kristen di Bandung, serta sejauh mana kebijakan sekolah mendukung para guru untuk tetap bertahan dalam profesinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melibatkan lima partisipan yang terdiri dari guru dengan latar belakang gender, status pernikahan, dan pendidikan yang beragam. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan dianalisis menggunakan teknik pengodean untuk mengidentifikasi tema utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi intrinsik, seperti panggilan hidup dan kecintaan terhadap profesi, merupakan faktor utama yang mendorong seseorang menjadi guru. Motivasi ekstrinsik, seperti kebutuhan ekonomi, kondisi kerja, dan penghargaan, lebih berperan dalam mempertahankan profesi ini. Selain itu, motivasi altruistik, seperti keinginan untuk menjangkau hati siswa dan memperkenalkan nilai-nilai Kristen, juga ditemukan mendukung keputusan seseorang untuk menjadi guru. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi sekolah untuk meningkatkan kebijakan yang mendukung kesejahteraan guru, menciptakan suasana kerja yang kondusif, dan memberikan penghargaan yang memadai untuk mempertahankan guru dalam jangka panjang.

Referensi

Abangma, Mathias Agbor. “A Study of Primary Teachers’ Attitudes towards the Rulalisation of School Curriculum in English-speaking Cameroon,” 1981, 387.

Bastick, Tony. “A Motivation Model Describing the Career Choice of Teacher Trainees in Jamaica,” January 7, 1999.

——— “Why Teacher Trainees Choose the Teaching Profession: Comparing Trainees in Metropolitan and Developing Countries.” International Review of Education / Internationale Zeitschrift Für Erziehungswissenschaft / Revue Internationale de l’Education 46, no. 3/4 (2000): 343–49.

Chivore, B.R.S. “Factors Determining the Attractiveness of the Teaching Profession in Zimbabwe | SpringerLink.” International Review of Education 34, no. 1 (1988): 59–78.

Department of Education, Great Britain: Department for. The Importance of Teaching. The Stationery Office, 2010.

Foster, Tor, and Elizabeth Newman. “Just a Knock Back? Identity Bruising on the Route to Becoming a Male Primary School Teacher.” Teachers and Teaching 11 (August 1, 2005): 341–58. https://doi.org/10.1080/13450600500137091.

Hayes, Sandra. Students’ Reasons for Entering the Educational Profession. Northwestern Oklahoma State University, 1990. https://eric.ed.gov/?id=ED366234.

Johnston, John, Eamonn McKeown, and Alex McEwen. “Choosing Primary Teaching as a Career: The Perspectives of Males and Females in Training.” Journal of Education for Teaching 25, no. 1 (1999).

https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/02607479919673.

Merriam, Sharan B., and Elizabeth J. Tisdell. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation. John Wiley & Sons, 2015.

Ningrum, Prajanti Kusuma, and Sri Sumaryati. “HUBUNGAN ANTARA MINAT MENJADI GURU DAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR,” 2013, 13.

OECD. Attracting, Developing and Retaining Effective Teachers - Final Report: Teachers Matter, 2005. http://www.oecd.org/education/school/attractingdevelopingandretainingeffectiveteachers-finalreportteachersmatter.htm.

Papanastasiou, Elena. “Factors That Influence Students to Become Teachers: Discovery Service for Perpustakaan Nasional Republik Indones.” Educational Research and Evaluation 3, no. 4 (January 2002). http://e-resources.perpusnas.go.id:2402/eds/detail/detail?vid=1&sid=eb4e5a57-a611-4d39-9e02-2b1ca9966477%40sessionmgr104&bdata=JnNpdGU9ZWRzLWxpdmU%3d#AN=6085894&db=ehh.

Sinclair, Catherine. “Initial and Changing Student Teacher Motivation and Commitment to Teaching.” Asia-Pacific Journal of Teacher Education 36, no. 2 (June 3, 2008): 79–104.

Stokes, Anthony. “Factors Influencing the Decisions of University Students to Become High Sch...: Discovery Service for Perpustakaan Nasional Republik Indones.” Issues in Educational Research 17, no. 1 (April 2007): 127–45.

Watt, Helen M.G., and Paul W. Richardson. “Motivations, Perceptions, and Aspirations Concerning Teaching as a Career for Different Types of Beginning Teachers.” Learning and Instruction 18 (2008): 408–28.

Yong, Bob Chui Seng. “Teacher Trainees’ Motives for Entering into a Teaching Career in Brunei Darussalam.” Teaching and Teacher Education 11, no. 3 (May 1995): 275–80.

Young, Betty J. “Career Plans and Work Perceptions of Preservice Teachers.” Teaching and Teacher Education 11, no. 3 (May 1, 1995): 281–92. https://doi.org/10.1016/0742-051X(94)00024-Z.

Yuce, Kemal, Esin Y. Sahin, Omer Kocer, and Fatih Kana. “Motivations for Choosing Teaching as a Career: A Perspective of Pre-Service Teachers from a Turkish Context.” Asia Pacific Education 14 (2013): 295–306.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-23

Cara Mengutip

Studi Kualitatif Tentang Motivasi Seseorang Menjadi Guru di Sebuah Sekolah Kristen di Bandung. (2025). TRANSFORMATIO: Jurnal Teologi, Pendidikan, Dan Misi Integral , 2(2), 119-134. https://doi.org/10.61719/